SOFTWARE
APLIKASI
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seperti yang kita ketahui bahwa software aplikasi
merupakan perangkat pendukung jalannya suatu hardware dimana software aplikasi
berperan penting dalam mengoperasikan personal computer.
Software aplikasi juga memiliki fungsi sebagai
penghubung dari user ke perangkat keras dimana user dapat mengatur perangkat
keras secara detail ataupun merinci, dan software aplikasi mampu memberi
perintah terhadap hardware.
Software aplikasi juga dapat difungsikan sebagai alat
bantu untuk mempermudah pekerjaan menusia, sehingga user terbantu oleh software
aplikasi.
Oleh karena itu software aplikasi berperan sangat
penting dalam kehidupan manusia terutama pengguna computer (business man) masi yang
mutakhir dan terbaru.
B. RUMUSAN MASALAH
Apakah software aplikasi dapat mempermudah user dalam
pekerjaannya?
C. MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN
Untuk mencari kebenaran bahwa software aplikasi dapat
mempermudah pekerjaan user.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN SOFTWARE APLIKASI
Software aplikasi,
yaitu suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus,
seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan, atau
merancang rumah. Meski sekarang sudah banyak program software aplikasi yang
kita temui, masih banyak yang belum mengerti apa itu pengertian software
aplikasi. Mungkin hanya bagi mereka yang berkecimpung di dunia komputer saja
yang mengetahuinya. Bagaimana dengan kita yang masih awam ini? Apa itu
pengertian software aplikasi.
Pengertian software
aplikasi tidak lepas dari beberapa macam program pembangunnya, yaitu terdiri
dari software hiburan, pendidikan, bisnis, perangkat lunak khusus, serta
produktivitas kerja. Kita bisa mengetahuia penegrtian software aplikasi tidak
hanya secara harfiah atau terminologinya saja, tetapi kita juga bisa mengetahui
pengertian software aplikasi dari produk software aplikasi tersebut. Misalnya
jika kita akan menggunakan software aplikasi multimedia, secara tidak langsung
kita akan mengerti pengertin software aplikasi dari multimedia, bahkan sampai
ke fungsinya.
B.
PERANGKAT LUNAK PENUNJANG KERJA
Perangkat lunak
penunjang produktivitas kerja memberikan peranan yang sangat bermanfaat untuk
optimalisasi mutu kerja. Terutama bagi mereka yang bekerja di bidang programer
atau desain grafis, bisa juga arsitektur, sangat memerlukan program aplikasi
software, itu artinya pengertian software aplikasi sangat penting bagi mereka. yang
bekerja di bagian admistrasi atau pencatat kelengkapan informasi, seperti
pekerjaan tidak akan jauh-jauh dari program software aplikasi, seperti Excel.
Pengertian software
aplikasi sangat pentng bagi mereka yang bekerja membuat iklan atau advertisment
misalnya. Untuk mendesain iklan mulai dari menentukan ide, proses penentuan
gambar, proses brainstroaming, briefing awal dan akhir dan sebagainya, sangat
terbantu dengan program software aplikasi ini. Jadi, pengertian software aplikasi
di sini lebih kepada fungsi dan manfaat praktisnya. Demikian halnya dengan
pekerjaan yang membutuhkan program software aplikasi, harus memahami pengertian
software aplikasi tidak hanya secara harfiah tetapi juga praktis.
Pengertian software
aplikasi juga diperlukan untuk orang awam. Pernahkah tiba-tiba di suruh atasan
untuk membuat brosur padahal tidak pernah membuatnya sebelumnya. Jika tidak
mengetahui pengertian software aplikasi secara praktis tentu saja akan bingung
dengan instruksi tersebut. Tetapi akan berbeda ceritanya jika sudah mengetahui
pengertian sofware aplikasi secara praktis ini. tidak akan ragu melaksanakannya
dikarnakan sudah tidak asing lagi.
Menguasai program
software aplikasi bisa meringankan pekerjaan, bahkan menguasai program software
aplikasi bisa mengembangkan kreatifitas dan keterampilan dalam mengolah gambar
lewat program software aplikasi multimedia. Jika kita melihat foto yang diedit
dengan sangat apik, pasti terpikir jika yang membuat itu adalah orang yang
sangat ahli, padahal foto tersebut dibuat dengan menggunakan program software
aplikasi. Jadi, di sini kita bisa melihat lagi-lagi pengertian software
aplikasi dari segi praktis bisa kita gunakan untuk berbagai keterampilan. Edit
foto merupakan sebagian kecil dari keterampilan yang memerlukan pengertian
software aplikasi yang baik.
C.
SELUK BELUK SOFTWARE APLIKASI
Contoh program
software aplikasi ini bisa membantu Anda untuk lebih memahami apa itu
pengertian software aplikasi. Terutama bagi yang termasuk orang istilahnya gaptek
atau gagap teknologi, sebaiknya perbanyak pemahaman mengenai pengertian
software aplikasi melalui produk perangkat lunak untuk aplikasi komputer. apa
saja perangkat lunak untuk aplikasi komputer sebagai upaya pemahaman kita
terhadap pengertian software aplikasi? Berikut beberapa jenis perangkat lunak
yang terdapat di pasaran untuk aplikasi komputer:
Perangkat
lunak hiburan. Beberapa contoh dari software ini, yaitu winamp untuk
mendengarkan musik, games, dan sebagainya untuk hiburan. Selain Winamp juga ada
iTunes, QuickTime, dan Multimedia Player. Perangkat lunak ini bisa Anda gunakan
untuk menyalurkan hobi mendengaran musik atau lagu.
Perangkat
lunak pendidikan. Berguna untuk mempelajari atau mereferensikan tentang
pendidikan atau pengetahuan. pernah melihat program aplikasi edugames? aplikasi
edugames tersebut merupakan salah satu contoh perangkat lunak atau software
aplikasi pendidikan. Bisa juga aplikasi pelajaran bahasa Inggris dan kamus
bahasa asing.
Perangkat
lunak bisnis. Software ini berguna untuk aplikasi bisnis, contohnya untuk
menangani utang piutang, pencatatan barang, dan sebagainya. Bisa juga perangkat
lunak ini digunakan untuk membuat grafik atau trafik penjualan ataupun polling
nilai jual pasar dan sebagainya yang berhubungan dengan dunia bisnis.
Perangkat
lunak khusus. Pengertian software aplikasi bisa kita ketahui dari perangkat
lunak khusus ini. tentu tahu dengan lembaga atau agensi keamanan yang
digambarkan dalam film-film hollywood? Misalnya FBI, CSI, tentu merekaa menggunakan
software aplikasi khusus yang berbeda dengan software aplikasi pada umumnya.
Misalnya perangkat lunak untuk data pencarian orang, atau data tindak kriminal
baik dalam negara maupun di luar negara.
Perangkat
lunak produktivitas kerja. Pengertian software aplikasi juga bisa dipahami dari
berbagai program aplikasi produktivitas kerja. Seperti yang sudah disinggung
sedikit di atas, para desain grafis, desain interior, arsitek, editing foto
memerlukan perangkat lunak untuk produktifitas kerja, seperti multimedia.
D.
APLIKASI SOFTWARE UNTUK PRODUKTIFITAS KERJA
Pengertian software
aplikasi pada software produktivitas kerja yang lainnya juga bisa kita lihat
dalam uraian di bawah ini. Berikut ada pengertian software apliksi untuk
menunjang produktifitas kerja selain yang disebutkan di atas, dan kita juga
bisa melihat bagian-bagian mana saja yang memerlukan software aplikasi
tersebut:
1.
Word processing
Word processing
disebut juga pengolah kata untuk membuat dokumen. Berguna untuk memformat teks sehingga
teks lebih rapi, misalnya rata kanan-kiri dan sebagainya.
Gramer checker
digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa. Thesaurus adalah untuk
mencari padanan kata.
2.
Spreadsheet
Spreadsheet berupa
sekumpulan sel yang khas. Setiap sel terdiri dari nama baris dinyatakan dengan
angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf.
Beberapa contoh nama
spreadsheet, yaitu Claris Resolve dari Claris Corporation, excel dari
Microsoft, lotus 1-2-3 dari Lotus. Development Corporation, QuatroPro dari
Novel Corporation, StarOffice Calc dari Sun Microsystems.
3.
Desktop Publishing
Biasanya digunakan
untuk mencetak kartu undangan. Cocok sekali bagi yang ingin membuka usaha
percetakan, karena ia bisa menggabungkan metode dari perangkat lunak yang lain.
Contoh nama dari
program desk top publishing, yaitu corel draw, frame mak er, indesign, ventura,
dan lain-lain.
4.
Presentasi Grafik
Software ini biasanya
digunakan untuk membuat bahan presentasi grafik sehingga pembuatan bahan
presentasi mudah dan cepat. juga bias
menambahkan fitur-fitur penambah cantiknya bahan presentasi Anda.
Contoh aplikasi ini
adalah dengan menambahkan gambar animasi atau bahkan menambahkan video untuk
ditayangkan guna memperjelas bahan presentasi. Contoh nama software ini adalah
StarOffice Impress, FreeLance Grafics, Power Point, dan lain-lain.
5.
Komunikasi
Software ini
berfungsi untuk berkomunikasi antar orang melalui e-mail (electronic-mail),
atau disebut juga dengan surat elektronik. Beberapa contoh nama software email
ini adalah Perfect Office, Kmail, OutLook Express, Netscape messenger, dan
lain-lain.
6.
Personal Information Manager (PIM)
PIM sangat berguna
untuk mengelola informasi pribadi, seperti tugas, jadwal, rekanan atau klien
dan juga keuangan. Beberapa contoh dari software ini adalah commence, computer
organizer, lotus organizer, Microsoft outlook.
7.
Manajemen Data
Software manajemen
data disebut juga dengan DBMS (Database Management System). DBMS berguna untuk
mencatat, memanipulasi, dan mengambil data agar lebih cepat dan tepat.
Beberapa contoh nama
DBMS, yaitu access dari Microsoft Corporation, paradox, visual Dbase, visual
express, dan visual foxpro. DBMS memiliki fitur yang canggih sekali, misalnya
mampu menyediakan fasilitas keamanan bagi pengakses yang tidak berwewenang.
E. Application Software
dapat dikelompokkan menjadi dua
macam, yaitu :
1. Program
Aplikasi, Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang
programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk kebutuhan
suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman.
Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang
mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah : Program penggajian karyawan (Payroll)
Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir Program billing
warnet/wartel.
2. Program
Paket, Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang
dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi.Dibawah
ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
3. Program
pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter,
ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dan lain-lain.
4. Program
pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc,
Quattro Pro, Lotus 123, dan lain-lain.
5. Program
presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres,
Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dan lain-lain.
6. Program design
grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad,
dan lain-lain.
7. Program
browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape
Communicator.
8. Program
database, contohnya adalah : Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual
Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dan lain-lain.
9. Program
animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dan lain-lain.
10. Program
multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player,
DVD Player,
Software aplikasi terdiri dari :
1. Bahasa pemrograman (programming language)
2. Program aplikasi (Application Program)
3. Program paket / paket aplikasi (packet program)
4. Program utilitas (utility program)
5. Games dan entertainment dan lain-lain
Untuk mendukung operasi software aplikasi di atas tugas pengguna komputer
dibagi menjadi :
a. analis system
b. programmer
c. operator
d. administrator database, yaitu orang yang bertugas melakukan definisi dan
manipulasi software database. Ini dibutuhkan jika software yang dioperasikan
akan menggunakan aplikasi database.
e. administrator jaringan, yaitu orang yang bertugas mengelola software
system operasi, software aplikasi yang digunakan dalam sebuah jaringan
komputer.
Dari segi kegunaan dan manfaatnya, dibagi 3 jenis software aplikasi.
Jenis-jenis software aplikasi tersebut adalah :
1. Software aplikasi media pekerjaan
Software aplikasi sebagai media
pekerjaan adalah software atau program komputer yang digunakan untuk mempermudah
dalam bidang pekerjaan. Contoh software aplikasi dalam mempermudah bidang
pekerjaan adalah :
a.
Microsoft Office : digunakan dalam pengolahan data seperti pembuatan surat.
b. Corel
Draw : digunakan dalam pembuatan logo, kartu nama, design kaos, dan lain lain.
c.
PhotoShop : digunakan dalam memanipulasi foto, design brosur, design kaos,
design logo dan lain sebagainya.
d. Adobe
premiere pro : digunakan dalam penyuntingan video, tanpa aplikasi ini mungkin
tidak ada hasil film sebagus seperti sekarang.
2. Software aplikasi media hiburan
Software aplikasi sebagai media
hiburan adalah merupakan program yang paling sering digunakan atau dipakai
ketimbang aplikasi yang berguna di bidang pekerjaan. Contoh aplikasi yang
paling dominan pada media hiburan adalah software game.
3. Software aplikasi media komunikasi
Software aplikasi sebagai media
komunikasi adalah software yang digunakan seorang pengguna komputer agar dapat
saling berhubungan atau berkomunikasi dengan pengguna komputer lain di berbagai
tempat maupun berbagai belahan dunia. Sebenarnya mungkin banyak sekali aplikasi
yang berfungsi sebagai media komunikasi, namun disini saya hanya akan
memperjelas tentang satu program saja.
Contoh dari semua aplikasi media
komunikasi salah satunya adalah Yahoo Messengger atau yang sering kita sebut
dengan “YM”. Aplikasi ini dapat berbagi obrolan yang berupa beberapa teks atau
kalimat dari orang satu ke orang yang lain, namun dengan catatan merka harus
saling terhubung satu sama lain. Tidak hanya obrolan melalui teks, mereka juga
dapat saling bertatap muka melalui WebCam.
a. Sistem Software
Adalah sekumpulan program yang ditulis untuk melayani atau menunjang
program lainnya. Beberapa sistem software seperti compiler, editor,
komponen-komponen sistem operasi, driver dan prosesor telekomunikasi.
b. Real Time software
Software yang mengukur, menganalisis dan mengontrol kejadian yang
sesungguhnya terjadi di dunia. Elemenelemen real time software terdiri dari :
I. Komponen pengumpul data : yang mengumpulkan dan menyusun informasi
dari lingkungan external.
II. Komponen analisis : yang mentransformasikan informasi yang diperlukan
oleh aplikasi
III. Komponen kontrol : yang memberikan respon kepada lingkungan external
IV. Komponen monitor : yang mengkoordinasi semua komponen-komponen lainnya,
sehingga respons real time yang berkisar 1 milisecond sampai 1 menit dapat
dipertahankan.Perlu dicatat bahwa istilah real time berbeda dari istilah
interactive atau time sharing. Sistem real time harus memberikan respons pada
waktu yang ditentukan, sedangkan pada sistem interactive atau time sharing
respons time biasanya melebihi batas waktu yang ditentukan tanpa merusak hasil.
3. Business software
Software yang palinmg banyak digunakan dalam bidang aplikasi software. Software
ini digunakan oleh manajemen untuk mengambil kepitusan ( Decision Making )
dalam bidang bisnis. Contoh :
DAC EASY ACCOUNTING
FINANCE MANAJER
4. Engineering and sciencetific software
Software yang dicirikan dengan algoritma numerik, aplikasinya berkisar dari
astronomi sampai vulkanologi, dari analis ketegangan otomotif sampai dinamika
orbit ruang angkasa. Software ini banyak digunakan dalam bidang engineering dan
science. Contoh :
CAD / CAM ( Computer Aided Design / Computer Aided Manufacture - Ssimulasi
sistem )
5. Emdebed software
Suatu software disimpan dalam memori tetap - ROM - Read Only Memory, dan
digunakan untuk mengontrol product dan sistem software ini dijalankan dengan
berbagai fungsi terbatas.
6. PC software (Personal Computer)
Software yang banyak digunakan di komputer pribadi (PC). Contoh :
·
Word Processing : WS, WP
·
Spreadsheet : Lotus, Supercalc
·
Computer Graphics : Printshop, Print Magic
·
Games : Paoman, Load Runner
·
DBMS : Dbase III+, Foxbase, Clipper
·
Network : LAN, Novell
7. Artificial Intelegence software
Software yang banyak menggunakan algoritma non numerik dalam memecahkan
masalah kompleks yang tidak dapat dianalisis dengan analisis komputasi biasa.
Saat ini bidang AI yang paling aktif adalah expert system atau knowledge base
system. Bidang aplikasi lain dari software AI adalah pengenalan citra dan suara
( image and voice pattern recognition ), teorema pembuktian dan permainan /
games.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu
paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application
suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang
menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa
aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki
antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk
mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki
kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan
pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen
pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.Aplikasi
sistem atau sofware yang dibeli perusahaan dari tempat pembuatnya. Aplikasi
akan menggunakan sistem operasi (OS) komputer dan aplikasi yang lainnya yang
mendukung. Istilah ini mulai perlahan masuk ke dalam istilah Teknologi
Informasi semenjak tahun 1993, yang biasanya juga disingkat dengan aplikasi.
Aplikasi
Komputer atau Aplikasi Software adalah Program komputer yang ditulis dalam suatu
bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.
Contoh aplikasi computer :
• Aplikasi Grafik
Aplikasi komputer grafik awal perkembangannya
dimulai pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program
komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar yang memberikan dimensi
baru pada bidang komputer saat itu.
Ada 2 cara nyata yang dapat memasukkan
informasi grafik ke dalam komputer menjadi suatu aplikasi, yaitu :
*Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya
ke dalam bahasa pemrograman.
*Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan
menggunakan mouse.
• Animasi
Merupakan bentuk seni yang tampak secara
spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Untuk mencapai efek
tersebut, animator harus membangun rangkaian frame/gambar dari sebuah subyek,
yang setiap frame berikutnya sedikit berbeda dari frame sebelumnya.
Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang
berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah
animasi tiga dimensi (3D). Satu daripada tekniknya ialah dengan mencipta objek
yang kemudian disesuaikan dan digerakkan, di mana akhirnya akan menghasilkan
animasi 3D yang lengkap. Fungsi lain untuk mencipta animasi komputer ialah
dengan menggunakan alat pengecatan komputer yang standard untuk mengecat
frame-frame tunggal sebelum dilakukan proses penggabungan. Ini kemudian
disimpan sebagai sebuah file gambar (movie).
• Aplikasi Web
Merupakan bagian dari internet sebagai
komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web).
Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya
dan semua pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer
Protocol).
WWW adalah aplikasi yang paling menarik di
Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan.
Aplikasi ini kadang disebut "The Killer Application" atau "the
world is at your fingertip" karena kita bisa mendapatkan hasil dengan
begitu mudah dan bukan sekadar teks yang bisa kita dapatkan namun gambar
(images), maupun multimedia.
• Aplikasi Pendidikan
* Computer Assisted Instruction (CAI)
Komputer secara langsung digunakan dalam
proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku.
Beberapa aplikasi CAI adalah :
- Drill and Practice
- Tutorial
- Simulasi
* Computer Managed Instruction (CMI)
Para pengajar memanfaatkan komputer untuk
merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari
acara belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.
• DBMS
Komputer juga dapat digunakan secara efektif
dalam bisnis managemen. Melalui komputerisasi data base management system
(DBMS) dan SIM, seorang manajer atau eksekutif perusahaan dapat dibantu dalam
membuat keputusan tentang seluruh operasi bisnisnya dan dapat memberikan
bimbingan dan instruksi kepada bawahannya.
• Aplikasi untuk kelas tertentu
- Air Traffic Control System
- Airline Reservation Systems
• Aplikasi bisnis / perkantoran
Setiap bisnis, besar atau kecil, memproses
sejumlah data yang besar dalam operasi hariannya. Data diperoleh dari payroll,
faktur customer dan rekening keuangan, inventaris manajemen, dan rekening biaya
customer yang semuanya harus dikalkulasi, disimpan, diklasifikasikan, disortir,
diretriev, diproses kembali, dilaporkan, dikomunikasi dan disebarkan pada suatu
waktu. Pemrosesan data seperti itu dikenal sebagai Business Data Processing
atau Data Processing (DP). Jika pemrosesan ini dilakukan dengan komputer, hal
ini dikenal dengan Electronic Data Processing (EDP).
F. Peran aplikasi Komputer Dalam Media Pembelajaran
Aplikasi komputer dalam bidang
pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual
learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung
dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer
network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan
interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai
bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium
komputer. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah
maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini
didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan
balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Contoh penggunaan
internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam penyelenggaraan
Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat modul untuk proses
belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui internet. Kuliah lewat
Internet oleh IBUteledukasi.com. Universitas virtual IBUteledukasi ini
didirikan oleh Adi sasono, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI)
bekerjasama dengan Universitas Tun Abdul Razak (Unitar) Malaysia yang sudah
lebih dulu menyelenggarakan perkuliahan online.
Pada pendidikan jarak jauh Fakultas
Kedokteran Universitas Gajah Mada. Interaksi pembelajaran pada program Magister
Manajemen Rumah Sakit dan Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan dilakukan
melalui surat elektronik (e-mail) mahasiswa harus menjawab 75%
pertanyaan melalui e-mail. Contoh lain pemanfaatan jaringan komputer
dilakukan di Universitas Indonesia (UI). Sejak tahun 1994 UI telah
mengembangkan infrastruktur informasi yang dikenal dengan nama Jaringan
Universitas Indonesia Terpadu (JUITA). JUITA menghubungkan sebelas fakultas dan
lembaga-lembaga penting yang ada di UI dengan menggunakan jaringan
serat optik ( Sri Hartati, dkk 1997 dalam Benny A. Pribadi dan
Rosita, Tita, 2000).
G. Kelebihan Komputer sebagai Media Pembelajaran
Heinich mengemukakan sejumlah
kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada medium komputer. Aplikasi komputer
sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan. Komputer
memungkinkan mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam
memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam
proses belajar membuat mahasiswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas
belajarnya. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan
keleluasaan terhadap mahasiswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih
urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan komputer untuk
menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya, yang
diistilahkan dengan “kesabaran komputer”, dapat membantu mahasiswa yang
memiliki kecepatan belajar lambat.
Dengan kata lain, komputer dapat
menciptakan iklim belajar yang efektif bagi mahasiswa yang lambat (slow
learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi mahasiswa yang
lebih cepat (fast learner).Disamping itu, komputer dapat diprogram agar
mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement)
terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dengan kemampuan komputer untuk merekam
hasil belajar pemakainya (record keeping), komputer dapat diprogram
untuk memeriksa dan memberikan skor hasil belajar secara otomatis. Komputer
juga dapat dirancang agar dapat memberikan preskripsi atau saran bagi mahasiswa
untuk melakukan kegiatan belajar tertentu. Kemampuan ini mengakibatkan komputer
dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual
learning). Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam
mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik (graphic animation).
Hal ini menyebabkan komputer mampu menyampaikan informasi dan pengetahu-an
dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini me-nyebabkan program komputer
sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan belajar yang bersifat
simulasi. Lebih jauh, kapasitas memori yang dimiliki oleh komputer memungkinkan
penggunanya menayangkan kembali hasil belajar yang telah dicapai sebelumnya.
Hasil belajar sebelumnya ini dapat digunakan oleh siswa sebagai dasar
pertimbangan untuk melakukan kegiatan belajar selanjutnya.
Keuntungan lain dari penggunaan
komputer dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar dengan
penggunaan waktu dan biaya yang relatif kecil. Contoh yang tepat untuk
ini adalah program komputer simulasi untuk melakukan percobaan pada mata kuliah
sains dan teknologi. Penggunaan program simulasi dapat mengurangi biaya bahan
dan peralatan untuk melakukan percobaan.
H. Kelemahan Komputer sebagai Media Pembelajaran
Selanjutnya Benny dan Tita memberi
penjelasan. Disamping memiliki sejumlah kelebihan, komputer sebagai sarana
komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama
adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama
yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping itu, pengadaan,
pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware)
dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi.
Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost benefit analysis)
perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan
pendidikan. Masalah lain adalah compatability dan incompability
antara hardware dan software.
Penggunaan sebuah program komputer
biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai. Perangkat
lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang
spesifikasinya tidak sama. Disamping kedua hal di atas, merancang dan
memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based
instruction) merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program
komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga
keahlian khusus.
I. Intelegensi manusia (brainware)
Brainware merupakan kemampuan manusia dalam
pengelolaan dan pemanfaatan SIG secara efektif. Bagaimanapun juga manusia merupakan
subjek (pelaku) yang mengendalikan seluruh sistem, sehingga sangat dituntut
kemampuan dan penguasaannya terhadap ilmu dan teknologi mutakhir. Selain itu
diperlukan pula kemampuan untuk memadukan pengelolaan dengan pemanfaatan SIG,
agar SIG dapat digunakan secara efektif dan efisien. Adanya koordinasi dalam
pengelolaan SIG sangat diperlukan agar informasi yang diperoleh tidak simpang
siur, tetapi tepat dan akurat. Berikut ini disajikan skema dari
komponen-komponen
dalam SIG.
J. Exploration dan Production Application
E&P information system dimulai sekitar
akhir tahun 70an. Pada waktu itu ditujukan untuk pengolahan data explorasi
dibeberapa perusahaan minyak. Konsep dasar E&P Information system adalah
memanfaatkan teknologi computer untuk mendukung upaya-upaya pencarian minyak
dan gas dengan mengambil alih secara optimal.
Sebagai contoh, jika dilakukan secara manual
sebuah proses mungkin membutuhkan waktu 4-5 bulan, tetapi dengan memanfaatkan
teknologi computer proses tersebut bias diselesaikan dalam waktu tidak lebih
dari satu hari dan keakuratannya jauh lebih tinggi.
E&P information system mampu untuk
memvisualisasikan keadaan bawah permukaan bumi secara tiga dimensi. Hasil-hasil
yang diperoleh dengan memanfaatkan E&P information system sangat
menakjubkan kalangan industry perminyakan, sehingga mendorong para ahli
teknologi informasi bersama sama geoscientist dan engineer secara terus menerus
berupaya mencari solusi dan inovasi baru yang bisa digunakan untuk
mengoptimalkan eksplorasi dan produksi gas.
K. Knowledge Management
Knowledge Management (KM), bisa kita artikan
dengan manajemen pengetahuan. Manajemen ialah suatu cara untuk merencanakan,
mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan sumber daya untuk
suatu tujuan. Sedangkan pengetahuan adalah data dan informasi yang digabung
dengan kemampuan, intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang
kompeten. Sumber pengetahuan bisa berupa banyak bentuk, misalnya: koran,
majalah, email, e-artikel, mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan
manusia.
Jadi untuk pengertian manajemen pengetahuan
adalah merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan
data dan informasi yang telah digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan
analisa dari macam-macam sumber yang kompeten.
Menurut www.km-forum.org, KM adalah suatu
disiplin ilmu yang digunakan untuk meningkatkan performa seseorang atau
organisasi, dengan cara mengatur dan menyediakan sumber ilmu yang ada saat ini
dan yang akan datang. Jadi KM bukanlah suatu fenomena baru, tetapi merupakan
suatu cara yang menerapkan integrasi antara teknologi dengan sumber pengetahuan
yang kompeten.
Mengatur suatu pengetahuan adalah suatu
kebiasaan atau habit. Ketika suatu proses, keadaan dan aktivitas suatu bisnis
para pelaku KM cenderung menggunakan suatu metode dalam menganalisanya. Dalam
proses analisa terdapat sesuatu yang dinamakan siklus/aliran pengetahuan
(knowledge flow).
Dalam sebuah program KM, yang menjadi poinnya
adalah sistem pencarian yang akurat. Ada beberapa software yang telah mendukung
KM antara lain: Lotus Notes, Phpgroupware, Phproject, dan MS Project.
2.6 E – Commerce
E-Commerce adalah segala bentuk kegiatan
pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi yang dilakukan
secara elektronis. Domain e- commerce berupa B2B, B2C, C2B, dan C2C.
Business – to – business (B2B)
B2B menyatakan bentuk jual-beli produk atau
jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara
elektronis.
Keuntungan :
1. Mempercepat transaksi penjual dan pembeli
2. Menurunkan biaya transaksi kedua belah
pihak
3. Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi oleh
wilayah geografis.
4. Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi
antara penjual dan pembeli.
Business – to – Consumer (B2C)
Adalah bentuk jual-beli produk yang melibatkan
perusahaan penjual dan consumer akhir yang dilakukan secara elektronis.
Consumer – to – Consumer (C2C)
C2C menyatakan model perdagangan yang terjadi
antara konsumen dengan konsumen yang dilakukan secara elektronis.
Consumer – to – Business (C2B)
Beberapa situs telah berinisiasi untuk
mendukung bisnis yang berbasiskan konsumen ke pebisnis (C2B). Sebagai contoh,
Priceline.com merupakan situs yang memungkinkan seseorang menjual rumah ke
perusahaan ini. Dalam hal ini, internet dapat digunakan sebagai sarana untuk
negosiasi.
Dampak Positive E-Commerce
1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru
yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi
tradisional.
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa
pasar).
3. Menurunkan biaya operasional (operating
cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Meningkatkan supplier management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata rantai
pendapatan).
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Software aplikasi, yaitu suatu
program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti
membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan, atau merancang
rumah.
Berikut beberapa jenis perangkat
lunak yang terdapat di pasaran untuk aplikasi komputer: Perangkat lunak
hiburan, perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak bisnis, perangkat lunak
khusus, perangkat lunak produktivitas kerja.
DAFTAR
PUSTAKA
http://makalah-update.blogspot.com/favicon.ico
http://ahmadarkam.wordpress.com/xmlrpc.php
Kristanto,
Andri. 2003. Jaringan Komputer. Yogakarta: Graha Ilmu.
Taharom
dkk. 2002. Dasar-Dasar Teknologi Inforamasi Yang Perlu Diketahui Oleh Semua
Pengguna Teknologi Informasi. Jakarta: Media Komputindo.
0 komentar:
Posting Komentar